Teks foto: Pelatihan kewirausahaan

KADIS PARBUDPORA KABUPATEN BENGKALIS MEMBUKA KEGIATAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PEMUDA SE KABUPATEN BENGKALIS DI PEKANBARU  

Jepi Trisna Levia SE
Jepi Trisna Levia SE

Reporter

DISPARBUDPORA, PEKANBARU - Pelatihan kewirausahaan pemuda dengan Tema “mewujudkan wisausaha muda yang kreatif, kritis, dan komunikatif melalui strategi cerdas dlaam perencanaan pemasaran digital di era global” di selenggarakan di Ballroom Hotel Daffam pekanbaru, (13/07/2022)

 

Kadis parbudpora Edi Sakura S.Pd, M.pd mengatakan  Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk meningkatkan kemampuan atau soft skill pemuda dalam melakukan pemasaran produk UMKM secara digital, virus covid-19 atau virus corona telah memberikan dampak terhadap sektor usaha mikro, kecil dan menengah, oleh karena itu, masrakat pemilik usaha perlu memikirkan cara-cara agar tetap dapat bertahan ditengah pandemi, melihat peluang pemasaran secara digital yang semakin berkembang maka Dinas pariwisata, kebudayaan, kepemudaan dan olahraga Kabupaten Bengkalis merasa perlu menjngkatkan Skill atau keterampilan para anak muda agar dapat meningkat pemasaran produk mereka secara lebih luar.

 

Seperti yang kita ketahui bersama internet sudah digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat terutama generasi muda yang tidak pernah lepas menggunakan internet dalam kehidupan sehari-harinya. Produk UMKM di Kabupaten bengkalis yang sekarang banyak digeluti oleh anak anak muda sangat banyaj, tetapi masih terkendala dalam pemasaran sehingga produk-produk tersebut masih belum banyak di kenal oleh masyarakat. Untuk itu diperlakukan kemampuan pemanfaatan internet dalam mendukung proses bisnis guna menjngkatkan laba yang diraih oleh pelaku UMKM. Salah satu pemanfaatn internet dalam manajemen bisnis adalah digital marketing yang merupakan salah satu usaha untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk melalui media internet agar bisa menjangkau konsumen maulun calon konsumen dengan cepat. Sehingga diharapkan manajemen usaha menjadi lebih optimal dan mendapatkan hasil yang maksimal. Bagi pemuda yang tidak memiliki usaha atau produk yang dapat dijual dpaat meningkatkan kemampuan penguasaan teknik pemasaran digital sehingga bisa membantu pemuda lain atau UMKM yang membutuhkan jasa pemasaran produk yang di hasilkannya.

Sebenarnya, pembangunan kepemudaan secara keseluruhan telah menjadi agenda kerja pemerintah Kabupaten Bengkalis saat ini dan lima tahun kedepan, dlaam upaya mewujudkan visi Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera. Yang salah satunya adalah pembangunan sumberdaya manusia. Karena kami sangat menyadari bahwa pemuda adalah ujung tombak pembangunan suatu daerah. Jika pemud amaju dna sejahtera, maka daerah juga pastinya akan maju dan sejahtera, maka Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bengkalsi melalukan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pemuda sehingga dapat berusaha sendiri dan tidak selalu mengharapkan pekerjaan menjadi ASN atau karyawan tapi lebih ke kemampuan sendiri dan akan lebih baik lagi apabila mampu membuka lapangan pekerjaan.

Diharapkan dengan kegiatan ini nantinya dpaat meningkatkan kemampuan pemuda dalam melakukan pemasaran produk secara digital dan strategi- strategi yang diperlukan dalam memasarkan sebuah produk karena generasj muda adalah generasi masa depan yang mempunyai semangat jiwa mandiri, pantang menyerah dan harus memiliki kemmpuan ide dan gagasan- gagasan kreatif dan inovatif.

 

 

 

 


Tim Redaksi

Jepi Trisna Levia SE
Jepi Trisna Levia SE

Editor

Muhammad Kazar, A.Md
Muhammad Kazar, A.Md

Fotografer

Berita Lainnya